Senin, 21 Oktober 2019

10 Daftar Universitas Swasta Terbaik di Indonesia

Melanjutkan pendidikan ke universitas adalah pilihan yang kerap diambil oleh mereka yang baru saja lulus sekolah menengah atas. Meski demikian, perguruan tinggi negeri bukan satu-satunya pilihan. Bagi kamu yang gagal, masih ada beberapa universitas swasta terbaik yang patut dipertimbangkan.

Namun, bukan berarti menerusk kuliah di universitas swasta adalah sesuatu yang buruk. Universitas swasta terbaik masih ada di Indonesia ini, dan mereka menyajikan kualitas pendidikan yang tidak kalah baik dengan universitas negeri sekalipun. Universitas swasta terbaik ini bisa jadi pilihan kamu, para lulusan SMA, untuk meneruskan pendidikan kelak.

Nah, di sini, kami akan membahas mengenai 10 universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia berdasarkan tiga sumber: Kemenristekdikti, Webometrics, dan UniRank. Ketiga sumber tersebut menerapkan metode yang berbeda dalam menentukan universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia.

Webometrics memiliki empat aspek penilaian dalam menentukan apakah sebuah universitas layak masuk kategori universitas swasta terbaik atau tidak, yakni Presence, Impact, Openness, dan Excellence. Sementara itu, UniRank, yang dahulu bernama 4ICU memiliki beberapa kriteria, seperti akreditasi dan format belajar.

Nah, untuk memudahkan kamu memilih universitas swasta terbaik ini, berikut adalah 10 universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia edisi tahun 2018.

Universitas Bina Nusantara (Binus)

Berawal dari sebuah institusi pendidikan komputer, Bina Nusantara berkembang menjadi salah satu universitas swasta terbaik Indonesia. Binus menawarkan perkuliahan sarjana dengan satu gelar dan program ganda di mana mahasiswa akan memperoleh dua gelar sarjana dari sekolah atau fakultas yang berbeda.

Untuk jurusan unggulan sendiri, Binus memiliki lima jurusan unggulan, yakni Teknik Industri, Sistem Komputer, Teknik Sipil, Teknologi Informasi atau Ilmu Komputer, dan Desain Komunikasi Visual. Saat ini, Binus menduduki peringkat 48 universitas di Indonesia versi Kemenristekdikti, peringkat 16 versi Webometrics, dan peringkat 15 versi UniRank.

Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta

Universitas Islam Indonesia, atau yang biasa disingkat UII, adalah salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UII semula bernama Sekolah Tinggi Islam (STI) yang didirikan di Jakarta sebelum akhirnya berganti nama menjadi Universitas Islam Indonesia dan berpindah lokasi ke Yogyakarta.

UII sendiri memiliki tiga jurusan unggulan, yakni Hukum, Pendidikan Kimia, dan Ilmu Komunikasi. Saat ini, mereka duduk di peringkat 41 Kemeristekdikti, peringkat 20 Webometrics, dan peringkat 25 UniRank. Catatan ini memasukkan mereka sebagai salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Kristen Petra Surabaya

Perhimpunan Pendidikan dan Pengajaran Kristen Petra telah dikenal sejak 1951. Tak puas dengan pencapaiannya, mereka lantas mendirikan sebuah universitas bernama Universitas Kristen Petra pada 22 September 1961. Fakultas yang bisa kita pilih di sini adalah Fakultas Teknik Industri, Fakultas Ekonomi, Fakultas Seni dan Desain, dan Fakultas Ilmu Komunikasi.

Untuk jurusan unggulan sendiri, Universitas Kristen Petra memiliki jurusan Teknik Informatika, Ilmu Komunikasi, dan Teknik Sipil. Bertengger di peringkat 30 Kemenristekdikti, peringkat 31 Webometrics, dan peringkat 42 UniRank, universitas ini layak masuk sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia.

Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Universitas yang masih berada di bawah naungan Muhammadiyah ini merupakan salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia. Didirikan pada 1964 silam, kini, universitas ini berlokasi di daerah Malang, Jawa Timur, dengan jumlah program studi sebanyak 56 buah.

Universitas Muhammadiyah Malang ini memiliki lima jurusan unggulan, yaitu Matematika, Kedokteran, Teknik Informatika, Psikologi, dan Manajemen. Sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang ini nangkring di posisi 39 Kemenristekdikti, peringkat 34 Webometrics, serta peringkat 39 UniRank.

Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)

Atas prakarsa dari para petinggi pendidikan guru Kristen di Salatiga pada 30 November 1956, Universitas Kristen Satya Wacana didirikan dengan Oeripan Notohamidjojo sebagai dekan pertamanya. Saat ini, universitas yang juga menjadi salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia ini memiliki 14 fakultas dan kesemuanya berlokasi di Salatiga.

Untuk jurusan unggulan sendiri, universitas ini memiliki tiga jurusan, yaitu Akuntansi, Sistem Informasi, dan Ilmu Ekonomi. Berperingkat 36 versi Kemenristekdikti, peringkat 23 Webometrics, dan peringkat 55 UniRank, Universitas Kristen Satya Wacana menjadi salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Telkom

Sebagai salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia, Universitas Telkom merupakan universitas yang terhitung baru berdiri. Pada Agustus 2013 silam, empat badan pendidikan yang berada di bawah PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) melakukan merger sehingga sekarang terciptalah Universitas Telkom yang terdiri dari tujuh fakultas ini.

Ada empat jurusan yang jadi jurusan unggulan di Universitas Telkom ini. Mereka adalah Teknik Elektro, Manajemen Bisnis Telekomunikasi Informatika, Teknik Telekomunikasi, dan Desain Komunikasi Visual. Meski terhitung baru, Universitas Telkom sudah bertengger di peringkat 61 Kemenristekdikti, peringkat 25 Webometrics, dan peringkat 24 UniRank.

Universitas Katolik Parahyangan (Unpar)

Dengan semangat dari para uskup di Bandung untuk menyajikan fasilitas pendidikan, pada 17 Januari 1955, mereka mendirikan sebuah universitas yang kelak menjadi universitas swasta terbaik di Indonesia bernama Universitas Katolik Parahyangan. Sejak 1955 tersebut hingga kini, Unpar tumbuh jadi besar dan memiliki tujuh fakultas plus program pascasarjana.

Untuk jurusan unggulan sendiri, Unpar memiliki empat jurusan unggulan, yaitu Hubungan Internasional, Arsitektur, Hukum, dan Filsafat. Dengan peringkat mereka yang ada di posisi 34 Kemenristekdikti, peringkat 36 Webometrics, dan peringkat 65 UniRank, tak heran Unpar jadi salah satu universitas swasta terbaik yang ada di Indonesia.

Universitas Surabaya (UBAYA)

Sebelum dikenal dengan nama Universitas Surabaya, universitas ini bernama Universitas Trisakti Surabaya yang didirikan pada tahun 1966. Perubahan nama menjadi Universitas Surabaya terjadi pada 11 Maret 1968 yang sekaligus dikukuhkan sebagai hari jadi kampus yang sempat berada di kawasan Bibis dan Banyu Urip ini.

Fakultas yang bisa dipilih di sini adalah Fakultas Farmasi, Fakultas Hukum, Fakultas Bisnis dan Ekonomika, Fakultas Psikologi, Fakultas Teknik, Fakultas Teknobiologi, dan Fakultas Industri Kreatif. UBAYA sendiri memiliki empat jurusan unggulan yang bisa kamu pilih, yaitu Akuntansi, Manajemen, Desain/Multimedia, dan Psikologi.

Universitas Sanata Dharma

Terletak di Jalan Mrican Baru, Sleman, Universitas Sanata Dharma punya misi untuk menjadi sarana kebaktian dan pelayanan pendidikan terbaik di Indonesia. Pendirian kampus ini diinisiasi oleh mantan Menteri Pendidikan Indonesia, Prof. Moh. Yamin, beserta beberapa imam Katolik, terutama Ordo Societas Jesu.

Sanata Dharma memiliki tujuh fakultas, yakni Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Fakultas Sastra, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi, Fakultas Farmasi, dan Fakultas Teologi, dengan tiga jurusan yang jadi andalan, yaitu Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Inggris, dan Filsafat.

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya

Kampus yang lebih dikenal dengan nama Unika Atma Jaya ini didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Fakultas yang bisa dipilih di Unika adalah Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Administrasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Fakultas Teknik, Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Teknobiologi.

Unika memiliki empat jurusan yang bisa kamu pilih, yaitu Ekonomi dan Bisnis, Psikologi, Akuntansi, dan Ilmu Komunikasi. Berperingkat 87 Kemenristekdikti, 30 Webometrics, dan 71 UniRank, menjadikan mereka sebagai salah satu universitas swasta terbaik di Indonesia.

10 kampus yang disebutkan di atas punya jaminan mutu. Nah, buat yang merasa perlu skill tambahan di dunia kerja

3 komentar:

  1. https://selerabangsa.com/umpan-ikan-bawal/

    Umpan Ikan Bawal – Ikan bawal, merupakan salah satu jenis ikan yang memang terkenal sangat rakus. Ikan bawal merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memang sangat digemari banyak orang. Biasanya ada yang mengkonsumsinya atau juga bisa jadi sebagai ikan hias pada kolam maupun pada aquarium karena memiliki warna dan bentuk yang persis seperti ikan piranha. Padahal, faktanya tidak.

    Ikan bawal merupakan ikan yang memakan segalanya, bahkan yang sudah mati pun ikan bawal sangat suka. Itulah mengapa ikan bawal dikatakan ikan yang sangat rakus dan termasuk ikan predator persis seperti ikan GT. Berkoloni, memakan apa saja, membuat ikan bawal sangat mudah untuk dipancing atau dijala. Tapi, ada beberapa hal yang perlu kamu tahu.

    BalasHapus